Senin, 05 Oktober 2015

Transplanting Tanaman


Pengertian Transplanting
Transplanting adalah memisahkan bibit dari sekelompoknya hingga menjadi tanaman individu dalam suatu wadah hingga tanaman individu dalam suatu wadah tersendiri sesuai dengan ukuran dan pertumbuhannya

Tujuan Transplanting
1.    Mempercepat pertumbuhan bibit
2.    Mempermudah bibit menyesuaikan diri dengan lingkungan
3.    Mengurangi tingkat kematian bibit dilapangan
4.    Memudahkan dalam pemindahan bibit ke lapangan.

Pemindahan tanaman atau yang kita kenal dengan transplanting merupakan hal yang sangat penting dalam teknik budidaya jenis-jenis tanaman sayur dan buah. Adapun beberapa kegiatan seperti potting, repotting, pricking off, balling dan setting out merupakan kegiatan yang berkaitan dengan transplanting (pemindahan tanam).
1.    Potting merupakan kegiatan pemindahan tanaman/bibit dari bedengan semai atau flat pembibitan ke pot-pot yang telah disiapkan dengan tanah dan campuran pupuk.
2.    Repotting merupakan kegiatan pemindahan tanaman dari pot-pot/polybag yang lebih kecil ke pot-pot yang berukuran lebih besar.
3.    Pricking off merupakan cara persemaian dengan hanya menaburkan benih di atas bedengan semai untuk kemudian dipindah tanamkan ke polibag maupun ke bedengan-bedengan yang tersedia.
4.    Setting out merupakan tindakan pemindahan tanaman dari pot-pot, flat maupun bedengan ke tempat penanaman di lapang (Tjionger, 2008).

Kriteria Bibit Siap Transplanting
1.    Tumbuh sehat tidak terserang hama dan penyakit, subur dan seragam
2.    Cukup umur, tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua
3.    Struktur perakarannya baik, akar tunggang lurus dan cukup panjang
4.    Calon batang lurus dan tidak patah

Alat yang digunakan dalam kegiatan transplanting
1.    Ember
2.    Gembor
3.    Tongkat kayu
4.    Sekop/pengungkit bambu/kayu

Teknilk Transplanting Bibit
1.  Menyiapkan media tumbuh
Media tumbuh untuk transplanting bibit tergantung dari jenis/varietas tanaman dan umur transplanting.  Media tumbuh dapat berupa komposisi yang sama dengan media semai. Media tumbuh untuk transplanting bila perlu ditambahkan dengan pestisida seperti nematisida, fungisida dan bakterisida.
2.  Memilih Bibit
Bibit yang ditransplanting sebaiknya dipilih yang sehat, subur, seragam, cukup umur dan tidak cacat.  Umur bibit yang ditransplanting bervariasi tergantung dari varietas berkisar antara 3 – 4 minggu setelah semai.
3. Menanam bibit ke dalam polybag/wadah
Menanam bibit ke dalam polybag (transplanting) harus dilakukan secara hati-hati karena akar-akarnya, batang dan daunnya masih lemah.  Jika akarnya putus, kemungkinan akan terinfeksi jamur atau bakteri sangat tinggi.  Batang yang dipegang terlalu ketat juga dapat menyebabkan bibit menjadi mati.

Prosedur menanam bibit ke dalam polybag adalah sbb:
1.    Siapkan media tumbuh dan isikan dalam polybag sebanyak ¾ bagian
2.    Pegang daun bibit perlahan-lahan, cungkil media tempat tumbuh secara hati-hati
3.    Pindahkan bibit dan tanam bibit bersama media semai yang masih menempel pada akar
4.    Tempatkan bibit hasil transplanting di tempat pembibitan
5.    Pelihara bibit sampai masa pindah tanam

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada transplanting bibit adalah :
1.    Memeriksa kesiapan media tumbuh dalam polybag/wadah, bibit dan peralatan penanaman
2.    Melakukan penanaman bibit dengan memperhatikan aspek teknis dan ekonomis
3.    Mengelompokkan, memonitor dan memelihara bibit tanaman yang telah ditanam, sesuai kondisi tanaman di lapangan
Dalam pelaksanaan transplanting, bibit yang disemai akan mengalami proses kerusakan terutama pada sistem perakarannya. Hal ini erat kaitannya dengan proses absorbsi dengan transpirasi yang berlangsung secara bersamaan dimana saat pemindahan, tanaman akan berhenti mengabsorbsi air sementara di lain pihak proses transpirasi tetap berlangsung. Dengan demikian akan terjadi reduksi air di dalam bibit tanaman. Untuk mengembalikan pada keadaan awal, diperlukan adanya daya bangun (recovery) atau daya sembuh dari tanaman-tanaman itu sendiri. Pada dasarnya daya recovery dari tanaman-tanaman sayur dan buah yang herbaceous (berbatang lunak) tergantung dari : (a) ukuran dan umur tanaman (size and age of plant), (b) jenis tanaman dan (c) perlakuan pada waktu pemindahan (Tjionger, 2008).
Pada saat transplanting dilakukan, umur tanaman berbanding terbalik dengan jumlah akar rambut yang tertinggal. Artinya semakin panjang umur tanaman, akan mengakibatkan lebih sedikitnya akar rambut yang tertinggal. Hal ini tentunya berhubungan dengan kemampuan tanaman tersebut dalam mengadakan absorbsi air dan unsur hara. Pada umumnya tanaman/bibit sudah dapat dipindahkan setelah terlihat pemunculan daun sebenarnya (true leaves) sebanyak 2–3 helai. Ukuran dan umur tanaman juga berhubungan langsung dengan makin luasnya permukaan daun (transpirasi). Berdasarkan kenyataan tersebut, banyak pengusaha sayuran dan tanaman hias mengadakan pemindahan tanaman saat tanaman tersebut masih kecil (Tjionger, 2008).



8 komentar: